Cara Hightlight Konten dengan Kode URL

Highlight kone di web dengan kode text di URL

Cara Hightlight Konten dengan Kode URL diaktana sangat membantu dalam melakukan navigasi pindah-pidanah antar halaman. Bsia juga Pindah-pindah antar web yang berbeda. Ini penting diketahui oleh seorang editor web, bisa memanfaatkan kode ini dengan baik.

Ya dalam kode URL dikenal juga kode text= yang bisa ditambahkan ke URL tujuan yang dimaksud, agar konetn tujuan menjadi lebih jelas.

Contoh Hasil Pencarian Google pada peringkat atas

Kalau Kita salin (copy URL tadi) akan seperti ini :

https://katadata.co.id/intan/berita/614c79a9272fe/pengertian-persamaan-hingga-contoh-gelombang-bunyi-dan-penerapannya#:~:text=Gelombang%20bunyi%20adalah%20gelombang%20yang,merupakan%20medium%20paling%20umum%20digunakan.

Kalau bagian text kita ambil dan kode spasi dihilangkan akan jadi seperti ini :

  • Domain : katadata.co.id
  • URL Utama : https://katadata.co.id/intan/berita/614c79a9272fe/pengertian-persamaan-hingga-contoh-gelombang-bunyi-dan-penerapannya
  • Kode penghubung : #:~:text=
  • Tambahan TEXT di URL : Gelombang bunyi adalah gelombang yang,merupakan medium paling umum digunakan.
    • Tambahan TEXT ini di URL diubah jadi : Gelombang%20bunyi%20adalah%20gelombang%20yang,merupakan%20medium%20paling%20umum%20digunakan
    • Tanda KOMA dipakai untuk memisah konten yang tidak bersambung, contoh diats diambil pada bagian AWAL dan AKHIR kalimat saja.

Google sering sekali meng-highlight URL untuk pengertian atau hal yang sering dicari dan ditaruh pada bagian atas hasil pencarian SERP. Pada contoh diatas Google Highlight pada bagian awal dan akhir dari sebuah pengertian Gelombang bunyi.

Kalau URL dari Hasil pencarian yang mengarah ke Kata data tadi di klik hasil tampilana seperti ini. Semua tulisan dari Gelombang bunyi hingga paling umum digunakan akan di tandai (highlight).

Highlight kone di web dengan kode text di URL
Contoh highlight konten web

Contoh lain kita ingin menghighlit tulisan ini

Laptop bisnis terbaik itu menawarkan daya tahan, kekuatan, keamanan, dan kemudahan penggunaan, baik Anda di kantor atau bekerja dari rumah. Ada banyak lusinan laptop bisnis setiap tahun dan model yang membuat daftar laptop bisnis terbaik menawarkan kombinasi kenyamanan, kinerja, dan masa pakai baterai. Jangan lupakan keamanan dan daya tahan — laptop bisnis biasanya dilengkapi dengan sensor sidik jari, kamera IR, dan chip keamanan, dan banyak yang memiliki daya tahan kelas militer. Model yang lebih baru bahkan menampilkan penggeser dan tampilan webcam dengan filter privasi bawaan.

Sumber : https://sedayu.net/2022/06/01/laptop-bisnis-mana-yang-terbaik/

Kode URL yang kita gunakan seperti ini :

https://sedayu.net/2022/06/01/laptop-bisnis-mana-yang-terbaik/#:~:text=Laptop%20bisnis%20terbaik,webcam%20dengan%20filter%20privasi%20bawaan.

URL sebuah konten

Jika di Klik URL ini maka akan ada tampilan yang ditandai pada bgaian konen yang dimaksud pada halaman tesebut seperti ini.

Highlight kone di web dengan kode text di URL
Tampilan URL yang di Klik

Mudah bukan, anda bisa lakukan untuk halaman/web lain yang akan jadi rujukan utnuk memermduah navigasi penujung 🙂