Persaingan Intel vs AMD Mana Yang Lebih Baik?

Contoh Intel Core i9 generasi ke-12 vs AMD Ryzen

Bandingkan 2 Processor yang saat ini bersaing di perangkat laptop atau PC yaitu Intel dan AMD, mana yang lebih unggul? Prosesor menjadi hal utama karena prosesor ini bisa dibilang inti atau otak dari sebuah laptop atau PC dalam meningkatkan kinerja perangkat. Jika melihat sejarahnya, Intel sudah ada sejak tahun 1971 dengan nama Intel Processor 4004. Prosesor menjadi jantungnya dari perangkat komputer temasuk menajdi tantangan untuk dipilih sebagai laptop bisnis terbaik.

Intel atau AMD

Pertarungan Intel cukup jelas: Jika perangkat lunak dan tugas Anda dapat memanfaatkan lebih banyak inti dan utas, prosesor AMD lebih baik, karena memiliki lebih banyak. Penawaran Intel tidak bungkuk, terutama di ujung yang lebih tinggi, tetapi chip ke chip, AMD menawarkan lebih banyak core untuk jenis uang yang sama. (chillblast.com)

Baca juga : http://nunuhost.com/2021/03/optimasi-website-membandingkan-web-satu-dengan-yang-lain/

Karena litografinya yang kecil, prosesor AMD berjalan lebih dingin daripada Intel. Jika dibandingkan dengan prosesor AMD, Intel jauh lebih efisien. Jika dibandingkan dengan prosesor Intel, AMD tidak efisien. Kecepatan Jam Intel dapat mencapai dan melampaui 5,0 GHz. (cashify.in)

Namun pesaingnya, AMD, menjadi penantang serius dalam hal ini. Dan mungkin sebagian dari Anda bingung jika ingin membeli laptop, terdapat dua prosesor yang berbeda yaitu Intel dan AMD sehingga bingung harus memilih yang mana. Mengutip dari artikel sebelumnya yang berjudul Laporan Penjualan Laptop Premium di Mall Ambassador, Banyak Yang Minat? Bisa dibilang Intel memiliki banyak penggemar. Karyawan di beberapa toko di kawasan Ambasador Mall mengatakan kebanyakan orang mencari laptop minimal menggunakan prosesor Intel i3 atau Intel i5. Karena itu Intel bisa dibilang kuat dalam hal perangkat gaming dengan single thread.

Contoh Intel Core i9 generasi ke-12 vs AMD Ryzen

Apalagi dengan kemunculan Intel Core i9 generasi ke-12 yang kini bahkan mampu bersaing dengan AMD Ryzen dengan keunggulan multitasking yang sama. Namun jika melihat prosesor AMD, hal terbaik yang dimilikinya adalah performa multitasking yang jauh lebih baik. Prosesor AMD ini sangat ideal untuk pembuatan konten, dan untuk bermain game juga tidak kalah bertenaga. Apalagi seri Ryzem 5000 kini mampu bersaing dengan Intel untuk kecepatan bermain game. Keunggulan AMD sekarang konsumsi dayanya juga jauh lebih positif.

Contoh Intel Core i9 generasi ke-12 vs AMD Ryzen
Contoh Intel Core i9 generasi ke-12 vs AMD Ryzen

Prosesor AMD dulu terkenal dengan prosesor yang panas, tetapi sekarang untuk penggunaan yang lama laptop tetap keren. Untuk soal kecepatan, website benchmark pengguna untuk mengukur performa prosesor terbaik adalah dari Intel. Empat dari lima peringkat teratas diisi oleh prosesor dari Intel sedangkan prosesor AMD berada di posisi ketiga.

Dari segi harga relatif tidak salah jika dengan kecepatan performa yang dimiliki Intel membuatnya sedikit lebih mahal dari AMD. Laptop yang menggunakan Prosesor AMD dikenal dengan harga yang lebih bersahabat dibandingkan Intel. Namun semenjak Ryzen 5000 hadir, harga yang ditawarkan menjadi sedikit lebih mahal. (Selular.ID)

Prosesor jadi salahs atu yang dilihat, yang jadi pertimbangan mengapa Asus jadi piliha Laptop Bisnis Terbaik