Lansia Sehat Indonesia Kuat Hari Lansia Nasional 2022

Lansia Sehat Indonesia Kuat Hari Lansia Nasional 2022

Lansia Sehat Indonesia Kuat, “Lansia SMART (Sehat, Melek Digital, Aktif, Produktif, Tangguh)”. Hari Lansia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei merupakan hari dimana Negara Republik Indonesia ingin memberikan apresiasi berupa penghargaan jiwa raga serta peran penting dan strategi para lansia Indonesia dalam berkarya, mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. Hal ini diprakarsai oleh peran Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945, sebagai anggota tertua (sulung), yang dengan kebijaksanaannya mencetuskan gagasan perlunya landasan filosofis bagi negara Indonesia. HLUN secara resmi diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang.

Peringatan HLUN tahun 2022 kali ini memiliki nuansa yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana banyak kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat khususnya para lansia. Indonesia merupakan daerah yang sangat rawan bencana, sehingga berpengaruh besar terhadap keberadaan lansia, terutama daerah yang mengalami bencana seperti konflik, banjir, tanah longsor, gunung berapi, tsunami, gempa bumi dan kebakaran. terpengaruh oleh situasi. Atas dasar itu, negara hadir bersama para pemangku kepentingan dalam menangani permasalahan di atas.

Kehadiran Negara ditandai dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Keberlanjutan, di mana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Lansia. Amanat Perpres tersebut ditujukan kepada kementerian/lembaga untuk mewujudkan lansia yang Sejahtera, Mandiri, dan Bermartabat. Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian berupa peringatan Hari Lansia Nasional.

Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Pemerintah Wonosobo bersama Tular Nalar MAFINDO menyelenggarakan berbagai macam kegiatan loh 🥰, Berikut informasi kegiatannya Kamis, 02 Juni 2022 mulai dari 06.30 s.d 12.00 WIBd di Pendopo Bupati Wonosobo, Jawa tengah.

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa diikuti antara lain :

  • Senam Bersama Lansia
  • Pemeriksaan Kesehatan Lansia
  • Launching Sekolah Lansia
  • Penandatangan Kerjasama Sekolah Lansia (DPPKBPPPA dengan MAFINDO)
  • Pengukuhan Duta Lansia
  • Sosialisasi Care Giver
  • Talkshow “Lansia SMART”

Tentu saja ada banyak hiburan, permainan dan hadiah yang bisa kalian ikuti dan dapatkan. Acara ini juga terbuka buat umum dan akan disiarkan secara langsung melalui WebTV Wonosobo

https://youtube.com/OfficialWonosoboTV

Sampai jumpa di hari H kegiatan ya, Salam Tular Nalar