Web Hosting, Alat Pendukung untuk Kemajuan Teknologi

Conoth Data center

Dukutip dari investor.id – Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Dewaweb, Edy Budiman membeberkan keunggulan web hosting. Web hosting, kata Edy Budiman, merupakan sarana penunjang kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi mampu memberikan banyak bantuan untuk pekerjaan yang dilakukan. Namun perkembangan teknologi yang marak dalam kehidupan masyarakat tidak hanya terfokus pada tenaga mesin yang dapat membantu memperlancar dan mempercepat kinerja. Chief Executive Officer adalah jabatan untuk jajaran eksekutif  tertinggi dalam suatu perusahaan dengan tugas dari CEO bertanggung jawab atas berjalannya perusahaan.

“Web hosting adalah bagian dari peralatan komputer. Web hosting adalah perangkat komputer yang ketika pengguna ingin menggunakannya, pengguna diharuskan untuk menyalurkan internet ke komputer yang akan digunakan untuk mengakses web hosting,” kata Edy Budiman dalam keterangan resmi, Senin 6 Juni 2022.

Web hosting, kata Edy Budiman, memiliki tujuan dan fungsi sebagai media penyimpanan berbagai file atau data agar data yang tersimpan tersebut dapat diakses oleh seluruh masyarakat dengan menggunakan media online. File yang disimpan akan ditempatkan di tempat penyimpanan khusus yang disebut pusat data. Di pusat data ini, semua informasi yang disimpan oleh pengguna akan disimpan dengan aman.

Menyimpan file di web dianggap jauh lebih memuaskan dalam hal optimasi dan keamanan. Pengguna web hosting rela mengeluarkan uang untuk menyewa web yang satu ini agar lebih efektif dan efisien.

“Namun permasalahan yang sering menjadi keluhan dari pemilik website adalah situs yang lambat atau bahkan tidak dapat diakses, email error, dan lain sebagainya yang disebabkan oleh server hosting yang bermasalah. Oleh karena itu, banyak praktisi teknologi informasi seperti web developer mencari layanan hosting yang terjamin kualitasnya, dari sisi sistem, kecepatan hingga keamanan. Salah satu terobosan dalam dunia teknologi informasi adalah hadirnya cloud hosting,” ujar Edy Budiman.