Grojogan Watu Purbo terletak di tepi aliran Kali Krasak

Grojogan Watu Purbo terletak di tepi aliran Kali Krasak dari arah Merapi di Bangun Rejo Merdikorejo, Tempel, Sleman, Jogjakarta. Tempat bagus, fasilitas lumayan lengkap, namun harus berhati2, terutama saat musim hujan. Lebih baik datang saat pagi hari saat cahaya masih halus

Grojogan Watu Purbo terletak di tepi aliran Kali Krasak
Grojogan Watu Purbo terletak di tepi aliran Kali Krasak (Foto Google Map)

Awalnya grojogan ini hanya sebuah sabo dam dari salah satu aliran sungai yg berhulu di gunung Merapi. Tapi memiliki konstruksi bertingkat yg kokoh & indah dilengkapi landscape yang bagus. Hati-hati jika membawa anak kecil terutama saat musim hujan. Melihat potensi yang ada kawasan ini dibuka menjadi obyek wisata alam.

Jalan menuju ke tempat wisata sangat bisa di jangkau, tetapi lebih cocok kalau pas musim hujan, jadi dapat melihat aliran air yang deras, wisata masih banyak perbaikan, dan ketika merasakan capek di lokasi wisata sudah ada warung yang menjual minuman dan makanan ringan.

Tempat bagus,untuk keluarga dan bermain anak anak kalau air nya lg agak surut, mgkn kalau musim panas panjang Airnya gak mengalir, kalau pingin liat air terjun (bukan air terjun sih sebenernya) nya mengalir deras ya pas musim hujan. Waktu terbaik kesini pagi atau sore hari.

Air yang mengalir sepanjang tahun di sungai pada Grojogan Watu Purbo berasal dari kali/sungai diatasnya yaitu di Kali Krasak serta Kali Bebeng. Wisata saat musim hujan apalagi hujan lebat di daerah atas debit air sungai bisa lumayan besar, Namun akan berkurang banyak ketika kemarau panjang. Dalam kondisi tidak hujan air lumayan jernih.

Jika mau ke Grojogan ini, waktu terbaik saat berkunjung adalah selagi tidak musim hujan atau saat hujan. Namun, Sebaiknya hindari ketika hujan lebat atau mendung pekat dan selalu ikuti aturan dan ajuran dari pengelola wisata ini.
Sumber aliran Grojogan Watu Purbo ini berasal dari Sungai Krasak dan Sungai Bebeng.

Grojogan Watu Purbo buka setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB dengan membayar tikek masuk yang murah dan parkir saja. Pengujung umumnya suka tempat ini, di Google rating Grojogan Watu Purbo ini sekitar 4.5 dari skala 5 dan sudah di review lebihd ari 1000 orang. Jika kamu suka tempat ini, tapi tetap harus ber hati-hatii kalau membawa anak kecil harus selalu di perhatikan Karena batu yang basah umunya licin lebih bagus kalau ke sini mungkin musim hujan, karena airnya banyak,, kalau musim kemarau airnya sedikit..

Pada saat banjir sungai bsia saja keruh. Tapi view masih bagus sih / pemandangan nya. Seperti ada air terjunnya berundak gitu. Cocok buat pre wedding atau spot foto sefli. Peta lokasi Grojogan Watu Purbo bisa cek di Google Map ini dan Rute ke Grojogan Watu Purbo disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.